Tips Mendapatkan Peluang Minat Investor

Memiliki ide brilian tentang suatu bisnis memang tidak membutuhkan biaya, namun tantangannya ialah saat mewujudkan sebuah bisnis secara nyata kita tetaplah dihadapkan pada modal yang tidak murah. Biasanya para wirausaha muda yang masih pemula harus mendapatkan investor untuk merealisasikan peluang bisnisnya. Tapi mencari investor yang mau bekerjasama tentu tidaklah mudah.

Saya pernah baca cerita inspirasi yang menarik dari Keith Bulluck (mantan olahragawan yang kini menjadi anggota perkumpulan investor). Ia telah banyak menyaksikan banyak pertemuan presentasi atau pitching.

Tips mendapatkan peluang minat investor

Tips Sukses Presentasi untuk Mendapatkan Investor

Menurutnya presentasi bersih adalah ketika seorang pengusaha masuk ruangan, mereka membicarakan poin-poin pentingnya, dan mereka tahu apa yang mereka bicarakan.

Hal yang tak kalah penting adalah para pengusaha tersebut harus mendemonstrasikan fleksibilitas serta kemampuan mereka agar memiliki peluang disukai investor. “Ketika memulai sebuah bisnis, Anda harus bersikap rendah hati karena visi Anda tak akan pernah terlihat seperti yang Anda lihat pada awalnya, Anda mungkin harus bekerja keras untuk menyesuaikan visi tersebut,” ujar Bulluck.

Intinya, jika ingin memenangkan pitching untuk mendapatkan investor, Anda dituntut kerja lebih daripada hanya menawarkan konsep.

Berikut jurus sukses presentasi untuk mendapatkan investor:

  1. Paham pasar sepenuhnya dan tahu pasti dimana posisi yang tepat bisnis yang Anda akan jalankan.
  2. Memiliki strategi yang kuat untuk mendapatkan konsumen dan tahu benar berapa dana yang dibutuhkan untuk itu.
  3. Memiliki pengetahuan tentang tingkat retensi pelanggan.
  4. Ceritakan alasan Anda mengapa membutuhkan investor.
  5. Paparkan rencana bisnis dan bagaimana Anda akan mengelola modal.
  6. Punya visi yang kuat dalam bisnis tersbut.
  7. Jadikan suasana presentasi ini menjadi sebuah diskusi.
  8. Rangkai tim yang solid dan jelaskan peran-peran mereka dalam bisnis Anda.
  9. Tunjukkan etika kerja yang kuat.
  10. Tunjukkan fleksibilitas untuk berubah, janganlah kaku karena merintis sebuah bisnis merupakan proses yang memiliki berbagai kemungkinan dan resiko.

Jika Anda saat ini masih dalam tahap membuat rencana bisnis, tidak ada salahnya mencoba game edukasi pengelolaan finansial “DBS Smart Money”. Melalui game ini Anda akan dapat merasakan kebebasan hidup dalam hal keuangan. Anda bisa melatih kemampuan pengelolaan uang secara tepat sekaligus juga merasakan berada di posisi investor  dan belajar bagaimana investasi yang baik. Dalam game DBS Smart Money ini Anda memiliki kebebasan memilih cara mengelola uang dengan gaya atau strategi Anda sendiri. Pokoknya dalam game ini Anda akan hidup bebas mengelola uang di dunia virtual.

DBS Smart Money bisa langsung Anda mainkan di smartphone Android dan iOS. Untuk smartphone Android Anda bisa langsung download game DBS Smart Money disini. Semoga artikel saya kali ini bermanfaat.

This post has already been read 505 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *