Tips Memulai Usaha Tanpa Modal

Memulai bisnis membutuhkan keberanian yang besar. Dan, memulai sesuatu yang besar pun harus membutuhkan pengorbanan. Pengorbanan apa? Waktu dan finansial.

Banyak orang yang memiliki waktu lenggang, namun tak memiliki finansial yang cukup untuk memulai sebuah usha. Oleh karena itu, finansial menjadi sebuah penghalang utama bagi seseorang untuk melangkah. Adakah cara untuk memulai usaha tanpa modal? Tentu saja.

Ada 7 tips yang bisa saya sampaikan kepada Anda tentang bagaimana caranya untuk memulai usaha tanpa modal. Simak dengan teliti ya:

1. Rekan Kerja Bermodal

Anda merasa memiliki ide usaha yang baik, dan yakin bahwa ide tersebut dapat menjadi sebuah peluang bisnis yang mengungtungkan? Namun Anda terhalang oleh finansial? Cobalah untuk mencari rekan kerja yang dapat membantumu dalah tersebut.

Carilah rekan kerja yang memiliki modal dan berani untuk membantu ide usaha Anda. Yakinkan ia bahwa rencana Anda sudah matang agar ia tidak segan-segan untuk memberikan modal kepada Anda.

2. Bisnis Bersama

Tips kedua ini melibatkan banyak orang. Anda bisa saja mencari rekan dalam hal ide, keuangan, ataupun rekan yang hanya berinvestasi. Kasarnya, usaha yang Anda jalani bersifat “patungan”.

Jika Anda memilih jalan ini, maka ada satu hal yang diingat, pastikan pembagian modal dan pendapatan jelas. Dan, pisahkan rekan Anda yang berkontribusi langsung, dan rekan Anda yang hanya menanamkan modal tanpa ikut terlibat dalam usaha tersebut. Buatlah perjanjian di awal, agar bagi hasil dapat merata dan adil.

Tips Memulai Usaha Tanpa Modal-jago wirausaha
3. Kerja Untuk Mencari Modal

Tidak punya modal untuk memulai usaha, cobalah untuk bekerja di tempat lain. Lalu jadikan hasil bulanan tersebut sebagai modal awal usaha Anda.

4. Inkubasi Bisnis

Sama halya dengan berinvestasi. Jika kamu memiliki ide usaha yang sudah matang, cobalah untuk mencari suntikan dana. Buatlah proposal yang dapat menarik investor untuk menyuntikkan dananya kepada Anda. Jika investor setuju, maka kamu tak perlu susah payah mencari dana lagi.

5. Rekan Tersembunyi Di Seminar Kewirausahaan

Cobalah untuk datang ke seminar kewirausahaan. Biasanya, dalam sebuah seminar terdapat orang-orang yang juga memiliki ide yang sama denganmu. Bahkan, ada juga penanam modal yang sedang mencari ide usaha yang menarik untuk mereka tanam.

Bagaimana, masih ingin memulai usaha tanpa modal? Melangkah lah.

This post has already been read 785 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *