Tertarik Berbisnis dengan Pacar? Intip Yuk Tipsnya

kebebasan finansial , DBS Smart Money , peluang , cerdas , investasi , bisnis , pacar , hidup bebas

Mencari partner yang pas dalam berbisnis memang tidak mudah. Begitupun jika kamu memilih pacar sebagai partner dalam berbisnis.

Tidak mudah loh, karena kamu harus pintar-pintar memisahkan antara urusan pribadi dan bisnis. Gimana sih tipsnya? Yuk baca dulu :

Pembagian tugas kerja

Tantangan ketika kamu mulai berbisnis dengan pacar adalah dalam pembagian tugas kerja. Misalnya kamu hendak membuka usaha kuliner. Bagi tugas siapa menjabat promosi/marketing dan bagian administrasi plus tukang masak. Apakah bisnis kalian hendak dijalankan berdua saja atau butuh tambahan karyawan? Diskusikan ini sejak awal saat kalian memutuskan jenis bisnis yang ingin digeluti. Hal ini penting karena juga berkaitan dengan pembagian profit di antara kalian berdua. Dan juga diskusikan bagaimana jika mengalami kerugian. Bicarakan secara detail dan rinci, harus adil yah.

Rules…rules…rules

Walaupun judulnya bisnis dengan pacar, tapi tetap harus ada rulesnya yah. Buat aturan yang disepakati bersama, hal ini demi menjaga profesionalisme bekerja. Misalnya saat kerja jangan sibuk becanda. Bersikaplah selayaknya partner bisnis. Utamakan pelanggan terlebih dahulu. Jika jam break atau makan siang, stop bicarakan bisnis terkecuali ada masalah. Jika ingin menghitung omzet, hitunglah secara bersama-sama, jangan hanya sendiri. Dan jika salah satu dari kalian bermaksud meminjam dari hasil usaha untuk keperluan pribadi harus ada aturan kapan kembali, apakah perlu memotong dari gaji.  Walau ini bisnis dengan pacar tapi kalian pun perlu digaji karena toh kalian sama-sama bekerja.

Buatlah surat perjanjian

Sangat perlu membuat surat perjanjian agar pengelolaan bisnis kalian berjalan secara profesional. Memang hal ini butuh waktu lama dan memakan biaya tak sedikit, namun dengan adanya surat perjanjian ini diharapkan akan meminimalisir masalah yang mungkin saja terjadi di kemudian hari. Bukan tidak mungkin di antara kalian akan terjadi perselisihan kecil atau besar yang timbul. Dengan adanya surat perjanjian ini, bisnis yang kalian berdua jalani pun akan jelas arahnya dalam menemukan solusi ketika ada masalah dan meminimalisir kerugian suatu hari nanti.

kebebasan finansial , DBS Smart Money , peluang , cerdas , investasi , bisnis , pacar , hidup bebas

Pisahkan masalah pribadi dengan bisnis

Walau sulit tapi tetap harus bisa memisahkan masalah bisnis dengan pribadi. Ketika kalian ingin menyelesaikan masalah, bersikap tenang sangat disarankan, dan buang egomu demi kepentingan bisnis kalian. Jangan saling menyalahkan apalagi kalian sampai membawa kesalahan yang tidak ada keterkaitan dengan urusan bisnis. Dan satu lagi, saat ada pelanggan berhenti dulu berantemnya yah. Pelanggan tak boleh tahu masalah yang terjadi di antara kalian berdua. Karena kalian akan dicap tidak profesional.

Jangan Mengobrolkan Bisnis Saat Kencan

Yah, benar sekali, saat kalian sedang menikmati waktu santai berdua, jangan sekali-kali membawa urusan bisnis. Kalian juga masih membutuhkan hidup bebas, lepas dari kepenatan rutinitas. Bicarakan obrolan ringan atau ajak saja pacar maen games simulator DBS Smart Money. Walau bertema edukasi finansial, namun games yang satu ini sangat fun. Kamu dan pacarmu tidak akan bosan memainkannya deh. Kamu akan belajar bagaimana cara mengelola finansial dalam berbisnis dengan tepat sehingga bisa mendapatkan kebebasan finansial.

Note : dalam memilih jenis bisnis dengan pacar, banyak peluang yang tersedia mulai dari bisnis kuliner sampai bisnis jasa konsultan. Manfaatkan setiap peluang yang ada dengan cerdas. Jika uang dari hasil bisnis kalian sudah cukup besar, kalian bisa memilih berinvestasi pada produk investasi seperti emas, reksa dana atau properti.

This post has already been read 4030 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *