Sukses Jalankan Bisnis Keluarga? Ini Tipsnya

sukses bisnis keluarga, tips sukses, bisnis keluarga, investasi, kebebasan finansial, DBS Smart Money

Menjalankan bisnis keluarga memang jauh lebih menguntungkan daripada harus bekerja di perusahaan lain. Tapi tidak selamanya bisnis keluarga berjalan mulus. Layaknya bisnis lainnya, ada banyak rintangan yang harus dihadapi dan dilewati.

Salah satu contoh bisnis keluarga yang sukses di Indonesia adalah PT Djarum yang dirintis oleh Oei Wie Gwan yang membeli usaha kecil dalam bidang kretek bernama Djarum Gramophon pada tahun 1951 dan mengubah namannya menjadi Djarum.

Selama tiga generasi bisnis keluarga ini berjalan, dan sudah mengalami proses jatuh bangun. Hal ini dijadikan vitamin yang semakin menguatkan bisnis keluarga mereka. Bisnis keluarga dijalankan biasanya karena ada keinginan atau ide bisnis satu anggota keluarga. Ide inilah yang akhirnya dapat memperkuat bisnis yang mereka kelola bersama anggota keluarga lainnya.

Jika kamu punya keinginan memiliki bisnis keluarga dengan saudara atau kamu diwarisi bisnis keluarga, berikut ini tips sukses dalam menjalankannya.

Aturan Bisnis yang Jelas

Walaupun ini bisnis keluarga tetapi kamu harus membuat peraturan yang jelas dan tertulis. Akan sangat fatal akibatnya jika kamu tidak membuat peraturan dengan jelas dan tertulis. Semuanya kamu biarkan berjalan begitu saja, jika saatnya nanti ada hal yang tidak berjalan dengan semestinya konflik pasti akan terjadi. Jadi penting untuk menetapkan aturan yang jelas dan tertulis meskipun semua karyawan dalam perusahaan adalah anggota keluarga sendiri.

Pisahkan Pribadi dan Bisnis

Jangan campur adukan urusan pribadi dengan bisnis. Meski bisnis tersebut dijalankan bersama keluarga, tetap sebisa mungkin pisahkan urusan pribadi dengan bisnis. Hal ini perlu diterapkan agar bisnis kamu berjalan secara professional. Contohnya pemisahan waktu keluarga dan bisnis, keuangan bisnis dan keluarga, bila perlu pisahkan lokasi bisnis dengan tempat tinggal keluarga.

Keuangan

Ini akan menjadi hal yang benar-benar sensitif di bisnis manapun, apalagi ini berkaitan dengan bisnis keluarga. Jadi, untuk masalah keuangan harus benar-benar jelas, gamblang dan transparan agar nantinya tak terjadi konflik. Jika masalah keuangan ini tidak jelas lambat laun dapat menghancurkan bisnis keluarga yang sudah dirintis susah payah.

sukses bisnis keluarga, tips sukses, bisnis keluarga, investasi, kebebasan finansial, DBS Smart Money

Arsipkan Dokumen

Segala hal yang berhubungan denganĀ  dokumen perjanjian harus benar-benar kamu arsipkan dengan baik. Jangan karena ini bisnis keluarga lantas kamu menganggap remeh dan tak penting. Jika tidak ditangani dengan baik hal seperti ini dapat menimbulkan masalah rumit di kemudian hari.

Adanya tanggung jawab yang jelas

Pembagian tugas dan tanggung jawab dalam bisnis pun harus benar-benar jelas. Jangan karena mereka anggota keluarga kamu bisa perlakukan mereka seenaknya atau sebaliknya. Ingat untuk urusan tanggung jawab pun kamu harus professional. Jika nantinya orang tersebut tidak bertanggung jawab jangan ragu untuk menegur atau memberikan surat peringatan.

Persiapkan generasi penerus

Jika bisnis kamu berjalan sukses, tentu kamu ingin generasi berikutnya dapat mengikuti bahkan lebih sukses dari para pendahulu. Nah, ada 2 hal yang perlu kamu cermati. Pertama, didik calon penerus dengan menimba pengalaman terlebih dulu di perusahaan lain. Dengan memiliki pengalaman lain di luar, diharapkan generasi penerus dapat membawa ide segar ke dalam bisnis keluarga dan mengembangkan sistem yang sudah ada menjadi lebih baik.

Kedua, calon penerus boleh langsung memulai karir di bisnis keluarga, syaratnya mulai dari bawah dulu. Biarkan calon penerus bisnis keluarga berjuang dan merasakan susahnya naik ke posisi tinggi. Nantinya jika dia sudah berada di posisi tertinggi, dia dapat menjadi pemimpin bisnis keluarga yang dapat diandalkan.

Membangun bisnis keluarga ini ada untung lainnya yakni kamu dan keluarga dapat meraih kebebasan finansial bersama-sama lewat perjuangan dan rintangan yang dijalani bersama-sama. Ini dapat memperkuat tali keharmonisan keluarga.

Di waktu luang bersama keluarga kamu dapat bermain dan bercanda. Salah satu game yang dapat menambah pengetahuan tentang finansial dan berbagai jenis investasi adalah DBS Smart Money. Tenang kok, game yang satu ini tidak akan membuat kamu dan keluarga bosan karena kamu akan merasa fun saat bermain. Coba saja bermain adu skor maxi match dengan saudara atau orangtua kamu, dijamin kamu akan ketagihan.

This post has already been read 468 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *