Peluang Bisnis Tanaman Obat

Tanaman obat dewasa ini telah menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menggiurkan sekaligus menjanjikan. Hal itu disebabkan oleh maraknya obat herbal yang terbuat dari berbagai tanaman berkhasiat yang sudah terkenal sejak zaman nenek moyang kita.

Perubahan metode pengobatan dari modern ke obat herbal yang lebih sedikit dampak negatifnya membuat tanaman berkhasiat ikut laris karena menjadi bahan utama pembuat obat. Sebenarnya bagaimana peluang usaha tersebut dan apa saja tanaman yang memiliki pangsa pasar besar? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Peluang Bisnis Usaha Tanaman Obat Nusantara

Kejelian membaca pasar menjadi modal utama seseorang yang bergelut di dunis bisnis. Di saat obat herbal mulai menjadi daya tarik bagi beberapa kalangan, peluang berbisnis tanaman obat bisa dijadikan ide membuka usaha. Apalagi bagi yang tinggal di daerah pegunungan, akan lebih mudah lagi mendapatkan berbagai bahan tanaman berkhasiat.

Selain menjadi media mencari uang juga bisa memanfaatkan potensi alam dengan sebaik-baiknya. Banyak sekali tanaman berkhasiat yang bisa dijadikan sebagai ide bisnis. Sebagaimana telah disinggung di atas, kebanyakan tanaman berkhasiat itu tumbuh subur di daerah pegunungan dengan udara dinginnya.

Tanaman obat yang bisa dijual seperti jahe baik itu jahe biasa, jahe merah maupun jahe emprit (jahe yang lebih kecil dari jahe biasa), kunyit, daun sirih, lengkuas, mahkota dewa, sambiloto, cengkeh dan masih banyak jenis tanaman lainnya. dari berbagai macam tanaman berkhasiat itu, jahe merah menjadi komoditi utama dan masih memiliki pangsa pasar besar ke depannya. Selain sebagai bahan obat herbal, beberapa tanaman berkhasiat itu juga digunakan untuk bahan kosmetik.

Jadi untuk memulai bisnis ini kita bisa mencari berbagai tanaman ke para petani langsung dan mengumpulkannya sampai banyak. Kemudian di bawa ke kota untuk dijual kepada pembeli secara langsung. Selain itu bisa juga diolah sendiri dan dibuat obat tradisional secara langsung. Meskipun akan memakan waktu yang lebih lama jika mengolahnya sendiri. Menjual bibitnya juga bisa dijadikan ide bisnis.

Dengan membudidayakan beberapa bibit tanaman berkhasiat, kita bisa membantu mereka yang akan menanamnya di lokasi lain. Itulah beberapa peulang bisnis tanaman obat yang bisa dijadikan renungan. Selain membawa keuntungan, juga bisa mensejahterakan petani di lereng gunung bukan?

This post has already been read 801 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *