Peluang Bisnis E-commerce Semakin Menggiurkan

peluang bisnis, e-commerce, kebebasan finansial, online, internet, investasi, bisnis e-commerce

Dunia online sekarang sudah tidak asing bagi sebagian orang. Aliran informasi yang semakin cepat saat ini membuat konsumen pun mulai beralih ke internet untuk memenuhi kebutuhan, termasuk memanfaatkan toko-toko online untuk berbelanja.

Dan ini membuat peluang bisnis e-commerce semakin menggiurkan. Bisnis e-commerce menjadi salah satu bidang bisnis dengan potensi pertumbuhan yang besar. Di Indonesia, peluang bisnis e- commerce dapat terlihat dari jumlah penjualannya yang mencapai 1,79 miliar dolar menurut qz.com menempati urutan kelima pasar e-commerce di Asia.

Masih banyak yang belum tahu bahwa bisnis e-commerce tak sekedar bisnis jual beli online. Lebih dari itu bisnis e-commerce ini dibedakan berdasarkan dari layanan yang diberikan oleh e-commerce tersebut.

Setidaknya ada 5 bentuk bisnis e-commerce di Indonesia, kita cek satu persatu yuk :

Classifieds / Daftar Iklan Baris

Bentuk bisnis e-commerce pertama yang paling sederhana. Ciri khas bisnis e-commerce ini adalah sebagai penyedia jasa tidak terlibat secara langsung dalam proses jual beli. Hanya menjadi media yang mempertemukan antara penjual dan pembeli. Beberapa contoh dari layanan bisnis e-commerce pada tipe ini adalah Berniaga, TokoBagus, dan OLX.

Marketplace C2C (Customer to Customer)

Bedanya dengan classifieds adalah layanan marketplace C2C ini memberikan layanan metode pembayaran dari transaksi online yang dilakukan. Umumnya pihak e-commerce memberikan layanan Escrow atau rekening pihak ketiga sebagai jembatan antara penjual, pembeli, dan pihak e-commerce sendiri. Contohnya seperti Tokopedia dan Lamido. Layanan bisnis e-commerce ini mendapatkan keuntungan dari sistem iklan premium dan komisi dari jasa escrow tersebut.

Shopping mall

Bentuk bisnis e-commerce shopping mall kurang lebih sama proses dan layanan yang diberikan dengan marketplace C2C. Yang membedakan hanya penjual yang ada pada e-commerce shopping mall. Pihak yang dapat menjadi penjual e-commerce hanya brand-brand besar yang telah memiliki nama baik di pasar lokal maupun internasional. Dari segi keuntungan, pihak e-commerce dapat menarik komisi dari penjual yang tak sedikit dari penjual yang notabene brand besar tersebut. Penerapan bisnis e-commerce shopping mall telah diterapkan oleh Blibli.

peluang bisnis, e-commerce, kebebasan finansial, online, internet, investasi, bisnis e-commerce

Toko Online B2C (Business to Customer)

Tahu Lazada, Bhineka, dan Berry Benka? Yah ketiga toko online ini cukup terkenal sebagai layanan bisnis e-commerce yang memiliki sistem layaknya marketplace C2C, dapat menerima penjual mandiri memiliki barang yang cukup banyak dan terjamin ketersediannya. Pada dasarnya bentuk bisnis e-commerce ini berfokus pada penjualan produk milik perusahaan e-commerce itu sendiri. Jadi keuntungan yang diperoleh murni hanya untuk perusahaan e-commerce tersebut. Jenis bisnis e-commerce ini termasuk jenis yang paling berkembang di Indonesia.

Sosial media shop

Bentuk bisnis e-commerce yang terakhir adalah sosial media shop. Potensi yang ditawarkan pada jenis bisnis e-commerce ini cukup lumayan karena semakin meningkatkan perkembangan sosial media saat ini. Walaupun dominasi sosial media saat ini masih dikuasai oleh Facebook, tapi tidak menutup kemungkinan juga twitter, path, instagram pun turut membantu berkembangnya potensi bisnis e-commerce sosial media shop. Salah satu e-commerce di Indonesia yang menyediakan bentuk bisnis ini adalah Onigi.

Jika kamu tertarik menekuni bisnis e-commerce ini setidaknya ada 5 kemampuan penting yang harus dikuasai seperti :

  • Kemampuan memasarkan situs e-commerce.
  • Kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tulisan
  • Kemampuan mendengarkan baik dari pelanggan maupun investor
  • Memiliki pengetahuan walau sedikit di bidang TI
  • Harus kreatif, tidak takut resiko, memiliki passion terhadap TI, fleksibel, dan bisa diajak kerjasama

Peluang bisnis e-commerce ini adalah satu bentuk investasi menarik yang dapat mendatangkan kebebasan finansial jika dilakukan dengan serius, tekun, dan tidak patah semangat untuk terus berinovasi serta mau belajar.

This post has already been read 583 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *