Nasihat Jusuf Kalla Kepada Penjual Pulsa

Kisah kali ini mungkin dapat menginspirasi. Tentang seorang penjual pulsa yang mengeluh tentang kegagalannya kepada Jusuf Kala.

Dikutip dari detik.com, seorang peserta d’Preneur menceritakan tentang kisah gagalnya usaha jualan pulsa yang ia tekuni selama ini. Bahkan ia mengaku sudah tiga kali gagal dalam berbisnis pulsa.

Kepada Jusuf Kalla ia curhat, katanya kegagalan pertama disebabkan oleh banyaknya pelanggan yang enggan membayar. Ia cenderung sungkan untuk menagih pembayaran pulsa, karena yang berhutang adalah tak lain adalah teman dan keluarganya sendiri.

Kegagalan kedua diakibatkan oleh teman-temannya yang secara serentak mengambil pulsa tanpa membayar, dengan alih-alih hadiah ulang tahun teman-temannya. Kejadian ini jga membuatnya kehabisan modal.

Sedangkan kegagalan ketiga terdengar ironis. Ada pulsa ada uang, tapi pelanggan tak kunjung datang. Akhirnya usaha ketiga itu kandas begitu saja.

Jusuf Kalla yang dengan setia mendengar kisah tadi langsung membalas dengan petuah pendek namun tajam.

JK menuturkan, “Kalau Anda masih ngotot usaha pulsa, pisahkan kepentingan teman, kepentingan guru, kepentingan keluarga dari kepentingan bisnis, gagal adalah guru terbaik, namanya usaha harus fokus, kalau sudah bisnis ya bisnis jangan takut tagih pulsa karena dia keluarga Anda”.

Nah, nasihat sekaligus tips dari Jusuf Kalla mungkin dapat menambah pengetahuanmu dalam hal wirausaha. Terutama bisnis jualan pulsa.

This post has already been read 448 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *