Mau Usaha Kecil-Kecilan? Buka Warung Kelontong

Usaha Kecil-Kecilan Buka Warung Kelontong-1-jago wirausaha

Apa sulitnya membuka warung kelontong? Sulit atau tidaknya bergantung kepada cara kita menjalaninya. Ini kiat suksesnya.

Seperti bisnis lainnya, membuka warung kelontong juga harus memiliki strategi yang baik dan tepat. Tidak asal buka kemudian uang akan datang dengan sendirinya.

Kesulitan dalam membuka warung kelontong terletak pada persaingan. Sebab, usaha warung kelontong adalah jenis usaha rumahan yang setiap orang dapat menjalaninya. Bahkan, di setiap RT terdapat 10 warung kelontong yang memiliki barang dagangan yang sama. Tidak kah itu persaingan ketat?

Oleh sebab itu, bagaimana sih kiat dan strategi yang tepat untuk membuka usaha warung kelontong sendiri? Simak di bawah ini.

Strategi

Lokasi adalah salah satu penentu sukes atau tidaknya suatu usaha. Tetapi bagi usaha warung kelontong, membuka di halaman rumah saja sudah cukup. Itulah kelebihannya. Setelah kamu membangun warung kelontong, kemudian yang terpenting selanjutnya adalah barang dagangan.

Pemilihan barang dagangan menjadi faktor penting dalam usaha ini. Mengapa? Jika kehidupan di sekitarmu termasuk dalam taraf menengah ke bawah, rasanya tak pantas jika kamu menjual barang-dagangan yang harganya di atas Rp 100 ribu. Maka dari itu, barang yang akan didagangkan di warungmu sudah sepantasnya disesuaikan dengan keadaan lingkungan sekitar.

Usaha Kecil-Kecilan Buka Warung Kelontong-kulik barang
Namun, perhatikan juga warung kelontong ‘tetangga’. Selidiki barang-barang yang dijualnya. Misal, jika mereka tak menjual peralatan sekolah, maka manfaatkan keadaan tersebut dengan menjual peralatan sekolah di warungmu. Itu merupakan strategi penting yang tak dipahami oleh pedagang lain.

Konsumen pengutang adalah hal yang wajar. Jangan jadikan hal ini kendala, sebab semakin ia berutang maka ia akan kembali ke warung kelontongmu. Tetapi ingat, jangan lupa untuk menagih di kemudian hari. Buatlah catatan secara rinci tentang pemasukan dan pengeluaran.

Jangan anggap usaha warung kelontong sebagai usaha biasa. Sebab semua usaha – berapapun kecilnya – tetap dapat menguntungkan.

This post has already been read 1177 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>