Kunci Sukses Bisnis Bakery

kue-roti-cake-cokelat

Harus diakui, setiap kali kita pergi ke mall akan banyak di temui stor bakery dengan rasa yang beragam. Roti jaman sekarang juga semakin inovativ bila dinilai dari bentuknya. Semakin kaya pilihan yang ditawarkan.

Dalam 5 tahun terakhir, bisnis bakery berkembang sangat pesat di iringi inovasi produk yang juga menunjang kesuksesan usaha di bidang bakery. Berbagai manuver kreatif terus dilakukan pengusaha bakery agar selalu disukai pembeli. Itulah sebabnya rasa yang enak dan bentuk yang menarik menjadi hal penting dalam sebuah bisnis bakery.

Memiliki kreativitas belum bisa dibilang cukup dalam bisnis bakery. Perlu ada pemahaman yang dalam tentang pemilihan produk sebagai bahan dasar pembuatan berbagai jenis olahan bakery, agar tidak hanya menarik di lihat tapi menggelitik hingga ke lidah konsumen. Dan pada akhirya menjadi ”Word of Mouth”  positif bagi kualitas produk, yang kedepannya akan menghasilkan jaringan konsumen yang loyal terhadap bisnis bakery yang kita kembangkan.

Untuk mendapatkan hasil olahan yang bagus, perlu di pelajari untuk memilih bahan yang bermutu sebagai kunci agar menghasilkan produk yang istimewa. Salah satunya adalah pemilihan bahan baku tepung, margarin dan mentega. Unsur lemak yang terkandung didalamnya, menjadi komponen yang sangat penting dalam pembuatan roti, cake dan berbagai produk bakery lainnya.

Pengusaha bakery cenderung memakai mentenga karena menghasilkan olahan bakery dengan aroma yang khas, enak dan gurih. Namun, karena harga mentega sangat mahal di banding margarin yang terbuat dari lemak nabati (sawit), tentu akan berimbas pada harga jual dan keuntungan akhir.
sukses-bisnis-bakery-di-indonesia
Untuk menekan harga produksi, tapi tetap bisa menghasilkan produk bakery dengan kualitas rasa premium, berikut ini adalah kunci sukses bisnis bakery yang cerdas dalam pemilihan bahan:

Campuran Mentega/Butter dan Margarin

Para professional bakery telah menemukan inovasi untuk mengakali rasa olahan produk yang biasanya memakai mentega 100%,  kini bisa di campur margarin dengan komposisi 70% mentega/butter dan 30 % margarin. Setelah melakukan test pasar dengan berbagai olahan bakery, ternyata bisa menggantikan selera konsumen yang sudah terbentuk dengan aroma butter asli. Namun perlu juga di perhatikan jenis margarin yang digunakan.

Di pasaran ada beberapa jenis margarin dengan aroma fruity dan buttery. Untuk jenis resep-resep seperti Puff Pastry, Tiramisu dan berbagai jenis roti disarankan untuk memakai campuran mentega dengan aroma buttery. Banyak merek terkenal dan dianggap sudah mapan sebagai bahan pembuatan kue. Tapi jangan asal pilih, karena akan mempengaruhi hasil roti setelah matang. Bukan hanya itu saja, bahan yang kita pakai juga mempengaruhi ketahanan kue dan waktu kadaluarsa kue atau roti itu sendiri.

Nah, tak perlu ragu memulai bisnis bakery. Dengan pemilihan bahan yang tepat, perhitungan cost rasio yang seimbang antara modal dengan harga jual, serta ketekunan dan kreativitas untuk terus berinovasi pasti sebuah bisnis bakery yang dijalani akan mencapai hasil yang baik. Tentu akan menghasilkan bisnis bakery yang mendatangkan keuntungan jangka panjang.

This post has already been read 860 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *