Kamu Merasakan Gejala Ini? Waspada, Itu Tanda Awal Kebangkrutan

Mungkin judul di atas membuat anda ngeri untuk membaca artikel ini sepenuhnya. Namun, dengan membaca sampai akhir, kamu mungkin dapat menyelamatkan usahamu, sebelum terlambat.

Gejala apa saja sih yang biasa dirasakan oleh seseorang ketika perusahaannya mulai memasuki jurang kebangkrutan?

Simak di bawah ini.

1. Tidak Mengetahui Lajur Keuangan

Banyak usawahan yang mengeluh kekurangan uang, padahal pendapatannya lumayan besar. Oleh sebab itu, perlu adanya rincian pengeluaran, baik besar maupun kecil. Karena, jika kamu sendiri tidak tahu kemana uangmu lari, maka tidak lama lagi kau akan bangkrut.

2.Tak Punya Rencana Jangka Panjang

Usahawan harus memiliki rencana, bukan hanya dibicarakan tetapi juga dilaksanakan. Biasakan untuk memiliki rencana jangka panjang. Jika tidak, mulailah dengan dengan rencana satu bulan kedepan, suatu saat rencana tersebut akan memanjang.

3. Belanja Yang Tidak Perlu

Banyak diantara kamu pasti gemar membelanjakan uang, telebih untuk hal-hal yang tak perlu. Hal ini diawali oleh pemikiran seperti “merasa punya uang” yang mengakibatkan sengsara nantinya.

4. Selalu Ingin Tampil Mewah

Melanjutkan dari poin ketiga, hidup berkemewahan. Daripada menghabiskan uang hanya untuk sekedar membuktikan bahwa kau telah sukses, lebih baik mulai menabung, atau berinvestasi.

5. Berhutang

Berhutang disini bukan seperti berhutang pada umunya, melainkan seperti menggunakan kartu kredit tanpa pikir panjang. Hingga pada akhirnya kamu akan terlilit utang pada bank.

6. Mengira Bahwa Dirinya Kaya Raya

Besarnya gaji serta lancarnya usaha yang kau jalani lantas tak membuatmu menjadi orang yang kaya raya. Jika kamu merasa bahwa hanya dengan kedua hal tersebut kamu sudah kaya raya, maka ingatlah untuk menyesal di masa depan.

Bagaimana, apakah 6 poin diatas sudah cukup untuk memuatmu berpikir dan merenungi gaya hidupmu? Silakan berpendapat.

sumber: finance.detik

This post has already been read 472 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *