Jumlah Wiraswasta Indonesia Masih Sedikit, Kalah dari Singapura Dan Malaysia

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang CSR, Suryani Motik, mengatakan bahwa jumlah wiraswasta di Indonesia masih jauh dari target untuk membantu pembangunan ekonomi. Jumlah wiraswasta di Indonesia hanya sekitar 0,24% dari populasi penduduk atau sekitar 500 ribu wiraswastawan.

“Wiraswasta di negara kita belum mencapai 1%, padahal peningkatan rasio jumlah wiraswasta terhadap jumlah populasi Indonesia sangat diperlukan untuk meningkatkan daya saing untuk berkompetisi dengan negara lain,” ucap Suryani.

Yang lebih mengagetkan lagi, ternyata jumlah wiraswasta di Indonesia masih kalah dari Singapura dan Malaysia. Jumlah wiraswasta di Singapura mencapai 7%, dan di Malaysia mencapai 3%. Bahkan, jumlah wiraswasta di Amerika Serikat mencapai 12%, di China dan Jepang mencapai 10%, dan di Indiea 7%. Jika dibandingkan dengan Indonesia yang hanya sebesar 0,24% memang sangat jauh.

Jumlah Wiraswasta Indonesia Masih Sedikit, Kalah dari Singapura Dan Malaysia-jagowirausaha-1
Suryani juga berpendapat bahwa untuk menumbuhkan wiraswasta baru membutuhkan pendidikan, pengalaman terjun langsung, dan dukungan dari perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia. Tentu saja hal ini terkait dengan urusan modal.

Jika jumlah wiraswasta di Indonesia masih sedikit, sepertinya ini menjadi tantangan bagi kita untuk semakin berani untuk membangun wirausaha baru. Bagaimana, tertarik? Silakan komentar.

sumber: liputan6.com

Baca juga:

5 Ide Wirausaha Unik Yang Meraup Jutaan Dollar

Penghasilan Rp 12 Juta Dari Kaleng Bekas

Usai Pemilu, Rp 25 Juta Dikucurkan Ke Kaum Muda Untuk Modal Wirausaha

This post has already been read 591 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *