Ingin Sukses Di Bisnis Waralaba? Ikutin Tips Ini

bebas finansial , DBS Smart Money , investasi , kebebasan hidup , bisnis waralaba

Saat ini bisnis waralaba sudah semakin banyak. Bisnis waralaba adalah pilihan tepat untuk kamu yang baru terjun sebagai bisnis pemula. Selain karena modalnya yang jauh lebih kecil dibanding mendirikan bisnis dengan nama baru.

Bisnis waralaba ini lebih praktis karena peralatan dan perlengkapan biasanya sudah tersedia. Masalahnya tidak sedikit juga bisnis waralaba yang gulung tikar dalam waktu singkat.

Tapi jika kamu tertarik melakukan investasi di bisnis waralaba, tips ini dapat kamu terapkan agar sukses di bisnis waralaba yang kamu ingin geluti.

Miliki lebih dulu mental dan mindset sebagai pengusaha

Mental dan mindset ini yang paling utama harus dimiliki untuk setiap pebisnis. Kuncinya siap menerima dan menjalankan setiap tantangan yang ada, pantang menyerah, dan selalu mau bangkit saat menemui kegagalan.

Pelajari setiap penawaran franchise

Setiap penawaran franchise yang ditawarkan pelajari semuanya dengan baik. Saran saya sebaiknya kamu berkunjung ke para franchisee yang sudah pernah bekerja sama dengan franchisor tersebut, dan tanyakan apa saja kiat sukses mereka sehingga bisa terus menjalankan sistem franchise yang dijalankan.

Kuasai peraturannya

Kamu juga harus menguasai peraturan sebagai calon franchisee. Pelajari peraturan pemerintah No. 42 tahun 2007 tentang waralaba sekarang. Di dalam peraturan tersebut, kamu akan mengetahui kriteria apa yang harus ada dalam waralaba, hak dan kewajiban franchisee dan franchisor, perjanjian kerja sama yang benar, dll.

Pilih jenis waralaba yang beda

Jangan pilih yang pasaran dan sudah banyak dimiliki orang lain. Pilih jenis waralaba yang masih belum banyak yang jual atau jarang dijumpai. Yang unik, dan beda dari yang lain biasanya lebih sering dilirik dan diminati konsumen.

bebas finansial , DBS Smart Money , investasi , kebebasan hidup , bisnis waralaba

Lokasi yang strategis

Penting dalam mencari lokasi yang strategis, dan sesuaikan dengan target konsumen jenis usaha waralaba kamu. Apakah lokasi tersebut ramai dan banyak dilalui kendaraan, misalnya saja di pinggir jalan, sudut perempatan, dll. Semakin lokasinya ramai, kemungkinan pengunjung yang membeli juga semakin besar. Omzet penjualan pun semakin meningkat.

Produk yang memiliki mutu dan kualitas

Mutu dan kualitas produk harus kamu utamakan dan jaga sesuai SOP. Misalnya kamu ingin berbisnis waralaba makanan, rasa dan kualitas dari makanan tersebut harus kamu pertahankan dengan konsisten.

Harus terus berkreasi, dan lakukan inovasi dalam berbisnis

Persaingan dalam dunia bisnis sangat ketat, jadi kamu harus terus berkreasi dan melakukan inovasi yang terus menerus untuk bisnis waralaba. Misalnya saja dalam hal bisnis makanan, buat kreasi pada design tempat makan atau tempat usaha kamu. Dalam hal ini, lihat lebih dalam peraturan yang ditetapkan oleh franchisor.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin sukses berbisnis waralaba. Salah satu cara agar bisa bebas finansial dan menikmati kebebasan hidup adalah dengan berbisnis. Bisnis waralaba ini sudah memiliki sistem yang tinggal kamu jalankan.

Karena ini sistem, kamu perlu mempelajari dan survey apakah sistem ini berjalan baik dan mendatangkan hasil bagi para franchisee? Dalam berbisnis, kamu juga perlu belajar untuk mengelola finansialnya dengan tepat jika ingin sukses.

Kamu bisa belajar strategi bisnis dan investasi pada simulator DBS Smart Money. Unduh di smartphone kamu, sudah tersedia untuk Android dan iOS.

This post has already been read 797 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *