Ingin Sukses Berbisnis Kuliner? Ikuti Tips Ini

peluang , cerdas , investasi

Bisnis kuliner termasuk bisnis yang tergolong sulit karena butuh banyak kreativitas dan inovasi terus menerus.

Tapi jika kamu memiliki minat dan bakat di bidang kuliner kamu bisa memanfaatkan peluang ini sebagai jalan kamu untuk belajar berinvestasi.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan :

Lokasi

Pilih lokasi yang sesuai dengan target atau pangsa pasar bisnis kuliner kamu dan letaknya strategis. Pemilihan lokasi yang tepat adalah salah satu kunci sukses menjalankan bisnis kuliner. Jika tempatnya strategis tapi tidak sesuai dengan pangsa pasar yang dituju maka produk yang kamu jual pun kurang diminati.

Pemasaran

Pemasaran memiliki peran penting dalam berbisnis. Tentukan strategi atau cara promosi pemasaran yang efektif agar tidak menghabiskan banyak biaya.Perhatikan pula target pasar kamu sebelum melakukan promosi,  karena setiap target pasar memiliki metode promosi yang berbeda-beda.

peluang , cerdas , investasi

Kualitas makanan

Lokasi sudah strategis dan metode pemasaran sudah cukup baik tapi kualitas makanannya tidak terjamin kesehatannya dan rasanya pun tidak enak. Rasanya agak sulit bertahan di bisnis kuliner yang penuh persaingan. Jika ingin sukses di bisnis kuliner kamu juga harus perhatikan kualitas makanan, karena kualitas menentukan kesuksesan kamu di bisnis kuliner ini.

Staf/karyawan

Jangan pernah bersikap bossy atau bertindak seenak hati walaupun kamu adalah pemilik bisnis. Karyawan adalah asset penting yang dimiliki perusahaan. Jadi, berikan perhatian lebih kepada mereka seperti misalnya upah yang layak untuk mereka juga kenyamanan dan jenjang karir yang jelas untuk mereka. Hal ini dapat memompa semangat mereka dalam bekerja dan tentunya berpengaruh bagi bisnis kulinermu. Sebagai pemilik bisnis, kamu pun wajib membuat peraturan agar terbangun disiplin dalam lingkungan kerja dan karyawan tidak bertindak seenaknya.

Atur keuangan bisnismu

Ini yang paling penting agar bisnis kuliner kamu lancar dan sukses. Buat perencanaan yang tepat dalam laporan keuangan dan neraca bisnis sedetil mungkin agar tidak ada uang yang hilang sekecil apapun. Catat setiap pengeluaran dan pemasukan dengan cerdas dan teliti, karena ini akan membantu kamu dalam mengontrol dan menghitung setiap detail bisnis kuliner kamu. Juga membantumu menganalisis seberapa besar keuntungan kamu dalam bisnis kuliner ini dan untuk mengetahui seberapa cepat modalmu balik.

Walaupun kamu sudah dapat untung besar dari bisnis kuliner ini, jangan buru-buru ingin menikmati hasilnya dengan cara yang konsumtif, lebih baik kamu berpikir untuk berinvestasi, contohnya memperluas usaha kuliner dengan buka cabang baru atau memilih jenis investasi lain misalnya emas, saham, dll. Dengan berinvestasi kamu bukan hanya mendapatkan kebebasan finansial tapi juga kebebasan hidup

Jika masih belum mengerti betul jenis investasi yang tepat, belajar saja dulu pada simulator strategi bisnis dan investasi DBS Smart Money, dan kamu akan mendapat penjelasan berbagai jenis investasi dan cara mengelolanya dengan cerdas agar mendapatkan kebebasan finansial

Itu dia beberapa tips jika kamu ingin sukses berbisnis kuliner, semoga bermanfaat yah.

This post has already been read 1140 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *