Coba Trik Ini Jika Modal Usaha Minim

coba trik ini jika modal usaha minim

Menjadi wirausaha adalah langkah cerdas mencapai bebas finansial. Tapi dalam memulai sebuah usaha terkadang kita terbentur dengan modal yang minim.

Bagaimana caranya agar dengan modal minim kita tetap bisa berwirausaha? Mungkin trik ini dapat membantumu :

1.          Pilih jenis usaha dari hobi

Biasanya pebisnis memulai usahanya dari hobi yang awalnya ditekuninya sebagai pengisi waktu luang saja. Untuk itu kenali lebih dalam apa sih minat dan bakatmu. Pertimbangkan apa saja keahlian khusus pada dirimu yang dapat dijadikan sebagai bekal usaha dan menghasilkan keuntungan dengan modal minim. Misalkan kamu memiliki hobi memasak, kamu dapat gunakan skill kamu dengan membuka usaha katering kecil-kecilan atau membuat cake/kue sesuai permintaan. Memulai sebuah usaha tak perlu dengan modal besar, yang penting ada niat dan tekad yang kuat, tentunya ditambah passion yang kuat.

2.        Maksimalkan modal yang terbatas

Berapapun modal kamu, pergunakan saja apa yang kamu miliki saat itu. Jika kamu hanya memiliki modal ratusan ribu asalkan ada tekad yang kuat, minat dan bakat ditambah dengan kerja keras plus kerja cerdas, kesuksesan pasti akan diraih dan cita-cita untuk bebas finansial dan meraih kebebasan hidup akan dapat kamu raih.

3.        Pentingnya Networking

Jalin relasi sebanyak mungkin. Ini penting untuk membantu memperkenalkan produk/jasamu. Semakin banyak teman/kerabat yang mengenal pribadimu lebih dekat, mereka tentunya gak akan sungkan untuk merekomendasikan produk/jasamu, apalagi jika mereka sudah pernah merasakannya. Ini disebut juga dengan pemasaran mouth to mouth. Murah tapi cukup efektif di samping kamu pun melakukan sistem pemasaran lainnya.

bebas finansial, investasi

4.       Kembangkan kemampuanmu dan pelajari usahanya

Agar sukses memulai usaha dengan modal minim, carilah info sebanyak mungkin tentang usaha yang kamu geluti itu dan jangan lupa untuk menambah keahlian yang kamu miliki dengan berbagai media seperti internet, buku-buku bisnis atau juga belajar dari pengalaman orang lain.

5.       Pilih produk/jasa yang diminati orang

Sebelum memutuskan jenis usaha yang ingin kamu tekuni, ada baiknya kamu mengamati situasi pasar dan selera konsumen saat ini. Kira-kira apa saja sih yang saat ini sedang dibutuhkan mereka dan amati pula di masa mendatang kira-kira apa yang akan mereka minati. Saran saya, penting juga untuk mempertimbangkan banyaknya pesaing di bidang usaha yang sejenis. Saran saya, coba pasarkan beberapa produk yang sejenis dengan produk yang sudah dipasarkan sebelumnya dan tingkatkan kualitas pelayanan agar dapat bersaing dengan kompetitor.

Ada banyak jenis usaha yang memanfaatkan modal minim, mungkin ini bisa kamu coba :

Jasa antar jemput anak sekolah

Kalau kamu punya mobil, bisa coba tawarkan jasa ini pada tetangga, saudara, teman atau orang yang kamu kenal. Seperti trik nomor dua, maksimalkan modal yang terbatas. Jika memang kamu punya mobil, bisa dicoba usaha yang ini. Kamu bisa menetapkan biaya berlangganan jasa antar jemput per bulan.

bebas finansial, investasi, dbs smart money

Dropshipper online

Saat ini di facebook bahkan instagram banyak banget yang jualan. Kenapa kamu gak manfaatkan saja media sosial ini untuk jualan. Dengan menjadi dropshipper kamu dapat memperoleh untung dengan menaikkan harga dari penjual produknya. Pemasarannya tentu saja dari media sosial atau toko online. Bisa juga dengan cara offline yakni dengan  mouth to mouth.

Apapun jenis usahanya yang penting kamu sudah memulai langkah berani berinvestasi dengan mengandalkan modal minim saja. Jika kamu masih ragu bagaimana cara mengelola modal minim kamu untuk berwirausaha, coba belajar dulu dari simulator game strategi bisnis dan investasi DBS Smart Money.

Di sini kamu akan belajar bagaimana caranya mengelola modal yang ada dengan berbagai pilihan instrumen investasi yang disediakan seperti emas, saham, reksa dana, propeti, dll. Segera download gamenya dan mulailah belajar mengelola finansial.

Gambar : rustifahrustyy.wordpress

This post has already been read 1436 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *