Bingung Mengatur Gaji 2 Juta untuk Sebulan? Coba Ikutin Langkah Ini

peluang , cerdas , investasi

Sering bingung karena merasa gaji 2 juta selalu tidak cukup? Bagaimana cara menyiasati agar gaji ini cukup bahkan ada yang bisa disisihkan untuk ditabung?

Teman saya yang memiliki gaji 2 juta mencoba membagi tipsnya untuk saya. Mungkin ini bisa membantu kamu yah agar bisa cerdas memanfaatkan gaji yang kamu punya walau hanya 2 juta.

Sisihkan untuk amal, dan sedekah

Alokasikan dulu gajimu untuk amal dan sedekah sebesar 10%. Nah kalau gaji kamu 2 juta, yang kamu alokasikan 200 ribu untuk sedekah dan amal. Kamu bisa optimalkan uang 200 ribu dengan beli buku atau alat tulis buat anak kurang mampu. Percaya deh amal dan sedekah ini tidak akan mengurangi rezeki kamu.

Alokasikan untuk ditabung

Jangan lupa untuk mengalokasikan gajimu untuk ditabung sebesar 30%, sekitar 600 ribu. Tabungan penting loh untuk masa depan kamu, karena jika sewaktu-waktu ada keperluan mendadak, kamu bisa memakainya. Tabungan ini juga bisa dimanfaatkan untuk membeli keperluan operasional kamu misalnya laptop untuk mengajar atau untuk beli kendaraan.

Untuk Entertainment/rekreasi

Alokasikan sekitar 20% dari gaji kamu. Jadi sekitar 400 ribu bisa kamu gunakan untuk nonton atau jalan-jalan dengan pacar atau sahabat. Jangan pernah melenceng dari ini yah. Kalau nanti gaji kamu naik, tetapkan biaya rekreasi 20% dari gaji dan jangan pernah berubah.

Untuk biaya hidup / pengeluaran rutin

Alokasi untuk biaya hidup / pengeluaran rutin sekitar 40%. Kalau gaji kamu 2 juta, besarannya sekitar 800 ribu. Biaya hidup / pengeluaran rutin ini termasuk uang makan, transport, sewa rumah/kost, bayar listrik, air, telepon, dll. Kontrol deh pengeluaran kamu, biaya telepon bisa disiasati dengan mulai langganan internet tuh. Sebisa mungkin kamu juga mulai mengalokasikan untuk asuransi kesehatan kalau kantor belum memberikan asuransi.

peluang , cerdas , investasi

Sebenarnya sih banyak cara mengelola untuk gaji ini. Hitung-hitungan yang saya berikan ini jika kamu tidak memiliki utang. Tapi jika kamu ada utang, perhitungannya beda lagi. Nih saya contohkan yah :

Cicilan jangan pernah lebih dari 30%

Besarnya cicilan jangan pernah lebih dari 30% yah. Jika gaji kamu 2 juta, cicilan utang besarnya tidak boleh lebih dari 600 ribu

Tabungan rencana 5%

Jika kamu ada cicilan 30%, anggaran dana untuk ditabung sebesar 5% saja, sekitar 100 ribu. Jika cicilan kamu sudah lunas, tabungan ini bisa kamu naikkan, ambil dari pos cicilan utang tadi.

Dana darurat 5%

Nah untuk yang satu ini anggarkan sebesar 100 ribu, membantu kamu jika ada keperluan mendadak

Zakat atau amal tetap yah sekitar 5%

Berarti besarnya sekitar 100 ribu. Ingat rezeki gak akan ke mana kok dengan beramal atau memberi zakat.

Sisanya untuk biaya rutin bulanan dan pengeluaran gaya hidup. Nah jika ada hal lain yang masih ada tambahan, misalnya membantu keuangan keluarga, gunakan itu dari pos pengeluaran rutin bulanan atau kurangi pos gaya hidup.

Ingat jangan pernah menunda cicilan utang, lunasi itu dulu, prioritaskan itu terlebih dahulu setelah zakat atau amal. Jika utang kamu sudah lunas, kamu bisa gunakan pos cicilan utang itu untuk dana investasi loh. Banyak peluang investasi yang bisa kamu manfaatkan mulai dari emas, saham, reksa dana atau properti.

Kamu pun bisa belajar cara mengelola finansial dengan tepat lewat sebuah simulator game DBS Smart Money. Di sini kamu tidak hanya belajar mengelola finansial tetapi juga belajar bagaimana caranya meraih kebebasan finansial dan menikmati kebebasan hidup.

This post has already been read 29940 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *