Belajar Mengatur Keuangan Pribadi

Hemat

Ketika seseorang sudah bisa mendapatkan penghasilan sendiri, tentu mereka butuh manajemen untuk mengatur keuangan pribadi. Mereka akan membeli apa saja dan tidak perlu khawatir akan uangnya karena itu adalah hasil kerjanya sendiri. Padahal cara ini salah. Uang hasil kerja keras dalam waktu sebulan tiba-tiba habis dalam waktu yang tidak sebanding dengan waktu mendapatkannya. Untuk itu seseorang harus bisa mengatur keuangan pribadi mereka.

Ada dua cara mengatur keuangan pribadi ini. Menggunakan jasa konsultan keuangan atau mengaturnya sendiri. tentunya mengaturnya sendiri lebih mudah, selain belajar kita juga tidak perlu repot-repot mencari konsultan. Walaupun sebenarnya hal yang pling utama dalam mengatur keuangan pribadi adalah belajar bersifat hemat.

Buku sampai Kartu

Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk belajar mengatur keuangan pribadi adalah dengan membuat pembukuan keuangan. Pembukuan ini dilakukan supaya kita tidak termasuk ke dalam jajaran orang yang besar pasak dari pada tiang. Pembukuan ini dimaksudkan agar kita dapat menulis berapa pemasukan dan pengeluaran. Kita juga bisa menuliskan list kebutuhan kita apa saja, sehingga kita hanya akan memebelanjakan uang kita untuk barang-barang yang benar-benar kita butuhkan dulu sebagai pengeluaran utamanya. Dengan ini keuangan pribadi kita bisa terselamatkan dari belanja yang tidak penting.

Menghindari membeli barang-barang yang hanya keinginan saja lebih baik di kesampingkan saja. Apalagi jika barang ini bisa kita dpatkan dengan menyewanya. Barang seperti ini biasanya tidak akan kita pakai setiap hari dan hanya sesekali. Jadi, mengusahakan tidak membelinya jika tidak harus itu akan lebih baik untuk keuangan pribadi kita.

Menabung. Ada orang yang mempunyai sifat tidak bisa menyimpan uangnya di rumah karena dengan adanya uang biasanya dia akan membelanjakannya begitu saja. Maka cara terbaik adalah menabungkannya di bank. Jika Anda dengan mudah masih bisa menarik uang ini, maka depositokan saja agar kita lebih terkontrol mengambilnya. Juga dengan seperti ini akan membuat kita sayang untuk mengambilnya.

tentang keuangan pribad

tentang keuangan pribad

Asuransi bisa jadi pilihan. Mengikuti asuransi selain uang kita lebih aman, uang ini juga lebih berguana karena kita akan mendapatkannya di saat yang tepat saat kita membutuhkannya.

Cara terakhir untuk mengelola keuangan pribadi adalah dengan menggunakan kartu kredit. Kartu kredit dimaksudkan agar kita tidak kalap ketika menggunakan uang. Walaupun kebanyak orang tetap saja menggunakan kartu ini tanpa memikirkan tujuan penggunaannya.

This post has already been read 918 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *