Bentuk Perhatian Bank Indonesia Kepada Petani Kakao Melalui Seminar Nasional

Pada tanggal 2 Desember 2015 kemarin, Bank Indonesia menggelar seminar nasional bertajuk “Peningkatan Daya Saing dan Nilai Tambah Kakao” di Makasar. Seminar ini digelar untuk mencapai beberapa tujuan penting diantara merumuskan solusi dan rekomendasi dalam rangka mendorong peningkatan produktivitas, daya saing dan nilai tambah kakao.

seminar kakao

Seperti yang diumumkan oleh media sosial Bank Indonesia, jika tujuan-tujuan tersebut bisa tercapai akan membuat kesejahteraan para petani kakao meningkat. Seperti yang kita tahu Indonesia bagian Timur merupakan mayoritas wilayah penghasil kakao.

Kakao produksi Indonesia menjadi salah satu kakao kualitas terbaik di dunia, bahkan negara kita menjadi negara terbesar ketiga penghasil kakao untuk kelas dunia. Dengan luas area mencapai 1,7 juta hektar dan menyumbang persentase produksi sebesar 17% pada dunia sudah sepatutnya jika pemerintah bekerja sama secara khusus dalam sektor ini.

Bank Indonesia juga menjabarkan beberapa langkah yang telah ditempuh untuk dapat mendorong daya saing dan nilai tambah kakao. Dimulai dari mengembangkan kapasitas petani kakao dengan peningkatan akses keuangan UMKM serta peningkatan kapabilitas UMKM agar lebih eligible dan bankable seperti yang telah dicita-citakan.

Semoga semua tujuan baik ini dapat terpenuhi sehingga perekonomian masyarakat khususnya para petani kakao semakin baik untuk jangka panjang. Diatas tadi merupakan penjelasan singkat mengenai seminar nasional untuk petani kakao yang di kutip melalui Facebook resmi Bank Indonesia

This post has already been read 318 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *