Memulai Bisnis Di Bidang Musik Ala Ryan Ade Pratama

Menjalankan bisnis tidak hanya selalu bermula dari modal yang besar, namun hanya degan sedikit ide dan pengembangan maka hasil terbaik pun dapat diraih. Seperti yang dilakukan oleh Ryan Ade Pratama, memulai bisnisnya dengan hal yang sesuai dengan hobinya, juga hal yang sederhana.

Ryan memilih bisnis yang sesuai dengan hobinya, dikarenakan peluang yang dimiliki olehnya sangatlah besar. Tahun 2010, ia mencoba untuk memulai usahanya dengan modalnya sendiri.

Ia membuat sebuah alat musik yang bernama cajon (baca: kahon), adalah alat musik instrumen perkusi yang penggunannya menggantikan alat drum. Pada waktu itu, cajon adalah barang impor yang sudah pasti mahal. Rata-rata harganya Rp 2 – 6 juta.

OLeh karena harga yang mahal dan keterbatasan barang, para drummer kian mengeluh. Ryan, mengambil keputusan tepat untuk mencoba membuat cajon versi lokal dengan harga yang terjangkau.

Keputusannya di kala itu sangatlah tepat, hingga kini ia telah membangun sebuah merk dagang bernama Konig Percussion.

Konig Percussion telah memproduksi 11 tipe cajon, “Itu semua untuk memenuhi segala genre musik. Kita bikin untuk semua aliran musik,” jelas Ryan.

Konig percussion-cajon-jago wirausaha
Kini, Ryan telah mempunyai 4 karyawan, dalam sebulan usahanya dapat memproduksi 50 sampai 60 unit cajon dengan harga Rp 600.000 hingga Rp 1,2 juta. Sebanyak 30 hingga 50 unit cajon laku terjual setiap bulannya.

Mengingat keberhasilan yang telah ia rasakan, maka ia pun berbagi tips untuk para wirausaha, “Memulai usaha itu susah-susah gampang. Susah kalau kita kebanyakan mikir, gampang kalau kita enggak pakai mikir dan langsung mulai. Sekarang banyak pengusaha muda, tapi mau enaknya aja, mau langsung sukses. Yang terpenting adalah mulai dulu, apapun usahanya berapapun modalnya. Kedua, tahan mental. Kalau rugi, jagan stuck, karena sebenarnya kita mendapat modal baru. Bukan uang, tapi pengetahuan dan pengelaman,”.

Nah, bagaimana, mungkin kisah yang disajikan oleh Jago Wirausaha kali ini dapat menginspirasi kamu untuk segera memulai bisnis di masa muda. Silakan berkomentar.

sumber: kompas.com

This post has already been read 1384 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *