Indonesia Produsen Ketiga Terbesar Di Dunia

Kabar baik datang dari Menteri Perindustrian, Mohammad Suleman Hidayat, yang menyatakan bahwa Indonesia adalah produsen ketiga terbesar di dunia. Dia juga menjelaskan bahwa ekspor kopi nasional semakin meningkat. Lalu mengapa kita masih saja mengimpor kopi?

Menurut Hidayat, walaupun Indonesia masih menerima impor kopi, namun terbukti bahwa sektor impor mengalami penurunan. Tahun 2011 lalu impor kopi mencapai US$678 juta, lalu tahun 2012 menurun jadi US$63,2 juta.

Sedangkan di sisi ekspor justru mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Di tahun 2011 mencapai US$268,6 juta, dan tahun 2012 mencapai US$315,6 juta. “Ekspor produk kopi olahan didominasi produk kopi instanm ekstrak, esens, dan kosentrat kopi yang tersebar di megara tujuan ekspor seperti Mesir, Afrika Selatan, Taiwan dan negara-negara Asean seperti Malaysia, Filipina dan Singapura,” ucap Hidayat.

Bagi yang ingin membuka usaha di bidang kopi, mungkin kamu bisa memanfaatkan kopi hasil Indonesia yang memang sudah terbukti laku di pasaran mancanegara.

Ingin mencoba bisnis kopi? Silakan berpendapat.

Sumber: detik.com

This post has already been read 452 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *