Cuma Gara-Gara Sepeda, Meraup Untung Rp 30 Juta per Bulan

Kalau belum memiliki ide dan keberanian untuk berwirausaha, sebaiknya jangan memulainya. tetapi, jika ide dan keberanian sudah didapat, maka segala rintangan akan diterjang. Persis seperti apa yang dilakukan Erick Latus Kaharudin.

Erick Litus Kaharudin adalah seorang pengusaha sepeda rakitan asal Palembang. Sepedanya diberi nama, Litus. Sejak tahun 2010, Erick sudah menggeluti usaha ini. Dan, kini Erick berhasil mengantungi RP 30 juta per bulan.

Memulai Usaha Sepeda Rakitan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa ide dan keberanian adalah faktor utama dalam menjalankan wirausaha. Erick, yang awalnya sempat merasa putus asa karena tak juga mendapat kerja usai lulus sarjana, memiliki kedua faktor tersebut. Daripada ia sibuk mencari kerja, bagaimana kalau ia menghasilkan suatu barang yang dapat menghasilkan.

Sejak zaman kuliah, Erick memang hobi bergelut di bidang otomotif; Khususnya sepeda motor. Namun, Erick memiliki ide berbeda. Karena menciptakan sepeda motor hanya bisa dilakukan oleh produsen otomotif, lantas ia mencoba untuk membuka usaha sepeda rakitan.

Tak main-main, Erick mengambil spare part langsung dari China demi kualitas sepeda yang baik. Saat ini, Erick memiliki showroom kecil di Palembang dengan 7 tenaga kerja. Uniknya, ketujuh orang pegawai tersebut hanya lulusan SMP dan SMA. Untuk gaji, Erick memberikan gaji rata-rata Rp 3 juta per bulan. Menurutnya, mencari pegawai sangat sulit. Terlebih, pegawai yang memiliki skill khusus dalam merakit sepeda.

sepeda litus, erick litus
Litus

Soal merk dagang, Erick lebih memilih untuk menamakan sepedanya seperti nama tengahnya, Litus. Menurut Erick, Litus berartiĀ  Lima Agustus, yaitu tanggal kelahirannya.Sepeda Litus ini dijual dari harga Rp 2 juta hingga Rp 5,5 juta. Walaupun pangsa pasarnya masih dalam negeri, namun sepeda Litus sudah dapat menghasilkan pendapatan sebesar Rp 380 juta setiap tahunnya.

Atas usaha sepeda rakitan miliknya, Erick kini tak harus mencari pekerjaan. Sebab Erick telah berhasil membuka lapangan pekerjaan.

Mungkin apa yang dilakukan oleh Erick dapat Anda ikuti. Dan, untuk Anda yang ingin membuka usaha sampingan mungkin berwirausaha seperti Erick adalah jawabannya.

This post has already been read 769 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *