Cara Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi

Cara Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi

Anda tak akan mengenal kata berhenti bila menyangkut masalah kebutuhan. Batasan pribadi yang bernama kepuasanlah yang mengerem segalanya dari keadaan keuangan pribadi yang tidak terkendali. Untuk itu, aturlah keuangan pribadi anda seperti sederet tips berikut.

Kenali tujuan finansial anda
Apakah anda ingin rumah minimalis di pinggiran kota? Atau anda ingin berlibur ke Bahama? Tetapkan tujuan anda, maka akan lebih mudah mengatur keuangan pribadi anda, sekaligus mendorong anda mengumpulkan pendapatan.

Canangkan financial plan anda
Mayoritas orang membagi 2/3 pendapatannya kepada tiga hal: makanan, perumahan, serta transportasi. Ada juga yang menambahkan pembayaran utang, biaya rumah tangga, tabungan, dan item opsional seperti hiburan. Buatlah anggaran tahunan untuk pembelanjaan sesuai dengan pos masing-masing.

keuangan pribadi
diambil dari: jamesgdyke.com

Jagalah hati, jangan kau kotori tujuan finansialmu
Tujuan finansial bisa berantakan apabila kita tidak dapat menahan diri dari godaan diskon. Tegaslah pada diri anda, katakan tidak pada belanja. Sekarang juga.

Saatnya memperhatikan struk-struk yang berserakan di dompet anda
Kuras dompet anda dari struk-struk, kuitansi, dan nota pembelian. Lacak pengeluaran anda setiap dua minggu sekali, saring pengeluaran dari biaya yang tidak perlu yang bisa dihilangkan di lain waktu.

Di toko sebelah lebih murah koh…
Jangan pernah ragu “berpindah ke lain hati” apabila anda melihat barang yang sama tapi dijual dengan harga yang lebih murah di toko lain. Bisnis adalah bisnis.

Teliti sebelum membeli
Serbu situs review produk guna mendapatkan penawaran terbaik. Jika ada jasa pengiriman gratis, mungkin pembelian online itu adalah pilihan terbaik anda.

Karena sumber pendapatan tidak boleh hanya satu
Apapun dapat terjadi. Dunia sedang krisis, kawan. Lebih baik selamatkan diri anda dengan memiliki pekerjaan sampingan. Bisa berbentuk hobi, memelihara ikan arwana, misalnya. Ikan arwana dewasa bisa berharga belasan hingga puluhan juta rupiah.

Memulai bisnis sendiri bagai puber kedua
Carilah sumber keamanan finansial anda di samping pekerjaan utama anda. Bahkan di zaman seperti sekarang ini, menulis di blog pun dapat menghasilkan uang.

This post has already been read 1165 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *