Burung Puyuh pun Bertelur Rezeki yang Menggiurkan

14. Burung Puyuh pun Bertelur Rezeki yang Menggiurkanc

Anda tau Burung Puyuh? Salah satu unggas daratan yang kecil dan gemuk. Makanannya biji-bijian, serangga, dan memangsa yang berukuran kecil. Saat ini burung puyuh telah dibudidayakan dengan profesional dan terpadu.

Burung puyuh pun bertelur rezeki yang menggirukan. Telur puyuh yang berukuran kecil sering kali dimanfaatkan oleh ibu-ibu untuk dijadikan hidangan yang lezat. Gak cuma telur nya saja, dagingnyapun bisa jadi sajian makanan yang enak. Bagi perternak burung puyuh, usaha ini sangat menggiurkan dan memiliki prospek yang besar. Karena setiap hari permintaan telur, daging, bahkan kotoran puyuhpun terus meningkat.

burung puyuh, telur puyuh, usaha telur puyuh, usaha menggirukan, wirausaha

Muklas, seorang peternak burung puyuh mengungkapkan bahwa puyuh yang dibudidayakan untuk diambil telurnya memiliki tiga jenis, puyuh putih, hitam, dan emas.

Menurut Muklas dari tiga jenis burung puyuh tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Seperti puyuh emas, memiliki kelebihan lebih tahan lama terhadap serangan virus dan penyakit. Puyuh hitam memiliki ukuran telur lebih besar namun puyuh jenis ini mengonsumsi lebih banyak makanan. Sedangkan puyuh putih, meskipun tidak boros dari segi produksi dan konsumsi, namun puyuh ini cukup rentan terhadap penyakit.

Saat ini Muklas dapat mengirim 60.000 butir telur puyuh setiap minggunya untuk memenuhi permintaan pasar di Jawa dan Sumatera. Muklas pun berencana untuk berkerjasama dengan peternak kecil lainnya agar dapat mencukupi permintaan pasar yang terus meningkat.

Muklas mengatakan untuk memulai usaha ini, harus melihat kondisi lingkuang sekitar. Karena puyuh rentan stress dan sakit sehingga harus memiliki tempat yang jauh dari kebisingan serta harus memiliki sirkulasi udara yang baik.

burung puyuh, telur puyuh, usaha telur puyuh, usaha menggirukan, wirausaha

This post has already been read 421 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *