Bangkrut Bisnis Bakso, Bangkit dengan Lapis Bogor

23. Bangkrut Bisnis Bakso, Bangkit dengan Lapis Bogor

Rizka Wahyu Romadhona, sempat mengalami kebangkrutan pada tahun 2008, ketika ia dan suami berbisnis bakso. Usaha baksonya sempat melejit dengan memiliki 20 cabang melalui sistem kemitraan. Karena kesalahan dalam manajemen, omzet yang diperoleh Rizka terus turun sampai mengalami kebangkrutan. Ia bahkan harus rela mobil nya dijual untuk menutupi cicilan rumah yang sudah empat bulan menunggak. Tiga motor yang biasa dipakai operasional pun harus rela ditarik kembali oleh leasing.

Saat itu kondisi keuangan Rizka sangat minus. Namun, ia tidak putus asa, wanita berkerudung ini terus berfikir usaha apa yang harus ia lakukan. Akhirnya muncul ide untuk membuat lapis bogor, berbahan dasar talas.

Ide tersebut didapat dari asal tempat tinggal Rizka yaitu Bogor, yang memiliki makanan khas yakni talas. Talas sebelumnya hanya diolah menjadi keripik dan digoreng, lalu ia berinovasi dengan membuat kue lapis, yang terinspirasi dari lapis Surabaya.

Plugin untuk Membuat Toko Online dengan WordPress

Berkali-kali ia bereksperimen membuat kue lapisnya, dari mulai bantat dan terlalu manis. Sampai akhirnya ia menemukan resep yang pas, dan disukai banyak orang.

Rizka dan suami mulai memasarkan lapis bogornya ke kampus, keluarga, komunitas, sampai masuk ke instansi pemerintah. Ia berhasil masuk ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan, yang mendapat respon positif, hingga ia ditawari untuk menjadi mitra binaan. Dari situlah Rizka mendapat banyak training dan diikut sertakaan dalam pameran.

Pebisnis Itu Harus Nyentrik!

Saat itu pula banyak orang mulai tahu Lapis Bogor buatannya. Sampai usaha yang ia geluti mendapat penghargaan Wirausaha Muda Mandiri 2012 untuk regional Jabodetabek dan Wanita Wirausaha Mandiri 2013 dari majalah wanita.

Anda tertarik mengikuti jejak Rizka?

Lapis Bogor

This post has already been read 374 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *