4 Pengusaha Dermawan Yang Diakui Mancanegara

Majalah Forbes melansir daftar hartawan dermawan di kawasan Asia. Tercatat ada 48 orang yang masuk ke dalam 48 Heroes of Philanthropy.

Siapa saja pengusaha-pengusaha ini? Jago Wirausaha akan membeberkannya.

 

 

 

1. Anne Avantie

Anne Avantie-Jago Wirausaha

Perancang busana sukses ini diakui oleh majalah Forbes sebagai salah satu orang kaya dermawan. Pasalnya dia menjadi penyokong dana untuk Wisma Kasih Bunda, sebuah rumah khusus bagi anak-anak yang memiliki hidrosefalus dan gangguan lainnya.

Beliau bersedia untuk membayar biaaya medis anak-anak hingga $2.000 atau sekitar Rp 19,6 juta per anak.

Selain itu, beliau juga membuka sebuah toko yang menjual pakaian hasil para penjahit lokal, toko itu diberi nama, Pendopo.

2. Muhammad Jusuf Kalla

Muhammad Jusuf Kalla-Jago Wirausaha

Mantan Wakil Presiden Indonesia ini mendirikan sebuah yayasan sosial yang bernama Kalla Foundation. Tahun lalu beliau menyumbang $1,3 juta atau sekitar Rp 12,7 miliar untuk membangun sekolah anak-anak miskin di Bone, Sulawesi Selatan. Beliau juga menanam 10.000 pohon di sepanjang hamparan pantai Sulawesi Selatan.

3. Tahir

Tahir-Jago Wirausaha

Pemilik Mayapada Group ini telah berjanji akan menyumbang dana sebesar $25 juta atau sekitar Rp 245 miliar terkait memberantas penyakit polio di Indonesia pada 2018 nanti.

Jumlah tersebut sama besarnya dengan jumlah yang pernah di keluarkan oleh Yayasan Bill dan Melinda Gates untuk mendorong vaksinasi dan kampanye pendidikan.

4. Irwan Hidayat

Irwan Hidayat-Jago Wirausaha

Beliau menghabiskan dana sebesar 4 280.000 atau sekitar Rp 2,7 miliar di setiap demi membantu pekerja berpenghasilan rendah di wilayah Jakarta untuk mudik selama liburan Hari Raya Idul Fitri, program ini dinamakan Mudik Gratis.

Mudik Gratis dimulai sejak 22 tahun yang lalu, dan telah membantu sekitar 19.000 orang. Setiap tahun Mudik Gratis menyewa sekitar 300 bus.

Selain itu, beliau pun mempunyai program untuk membantu orang-orang yang mempunyai penyakit katarak. Program ini menghabiskan dana sebesar $2,5 juta atau sekitar Rp 122,5 miliar per tahun.

Itulah tadi pengusaha-pengusaha dermawan yang masuk ke majalah Forbes. Apakah kamu mau menjadi salah satunya?

Sumber: merdeka.com

This post has already been read 444 times!

Let's Share...Share on FacebookShare on Google+Email this to someoneShare on TumblrTweet about this on TwitterShare on LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *